Tidak semua hal dalam hidupku tertuang di sini, dan biarlah jari jemari ini menuruti kata hati untuk menulis apa yang aku ingin tulis dan bagikan...
Salam
@orangerini :)
...WELCOME TO ORANGE BLOG...

Jumat, 18 Mei 2018

Toilet Training Hiro


Halo manteman, kali ini gw mau sharing tentang bagaimana hiro menjalani toilet trainingnya, yiha.
Mohon maaf ya mau nulis di blog kebanyakan malesnya, jadi baru sempet nulis setelah sekian lama dari keberhasilan toilet training ini wkwk.. 

Baik, gw ceritakan mulai dari pemakaian diapers ya. 
Awal hiro intens pakai diapers itu usia 4 bulan (sebelumnya jarang banget karena masih unyil banget dan bisa anteng di tempat). Kenapa 4 bulan?  karena hiro udah mulai guling-guling gak mau diem, jadi takut pipisnya berantakan, atau bahkan kemakan sama dia yang suka ngemut segalanya. Tapi siang dilepas biar kulitnya istirahat juga, dengan catatan musti sigap dan teliti kl dia pipis. Kalau malam pakai cloth diaper (clodi) biar lebih ramah kulit, ramah kantong, dan ramah lingkungan. karena bisa dicuci dan dipakai lagi, hidup go green, hidup hemat!! Ahhaha.


Oia kalo ada yang mau beli clodi bisa banget kok intip di Instagram @orangemado (iklan dikit boleh ya ✌️).
Oke, back to the topic, ini berlanjut sampai hiro usia atau 18 bulan, bersamaan dengan clodi yang udah mulai gak dipakein karena mulai sempit. Ya, karena setelah 4 bulan itu ada fase merangkak, jalan, lari dan sebagainya, jadi kalau tiba2 pipis, gw khawatir kepleset dan ada sedikit rasa males kalau sehari musti puluhan kali bersihin pipis, belum lagi gw bukan pembersih yang baik, kalau masih kotor dan berbakteri, nanti gw salah juga haha #dilema. Tapi ada juga yang konsisten gak pernah dipakein diapers, dan gw salut banget, karena orang itu pasti telaten.

Lalu saat usia 18 bulan,  hiro udah stabil berjalan, duduk dll.. udah mulai bisa menunjukkan gelagatnya kalo udah mulai merasa "kebelet pup" dengan mojok dan gak mau diganggu. Lalu keluarlah suara ngeden dan eek nya pun ikut keluar. Saat itu, untuk pipis dia masih asal pipis aja. Tapi intensitas pipis nya udah mulai gak sering, tapi volume nya sekali pipis banyak. Dari situ gw mulai mengurangi pemakaian diapers, terlebih udah ga pake clodi, sekalian itu mengurangi budget kan hahaha.
Sebelumnya gw udah mulai browsing nyari potty training yang cocok sih, tapi ayahnya hiro bilang itu gak perlu, jadi gw skip dan ngajarin (dengan angot-angotan) di toilet aja. Maksudnya pup dan pipis di toilet dg berdiri. Dan hiro gak nyaman kalo disuruh pup atau pipis di kamar mandi, minta keluar terus, baiklah. 

Usia 23 bulan, hiro bener2 lepas diapers kalo lagi on, hanya pas tidur aja pakai diapers
Gw gak yakin bisa ngajarin dia, udah ciut duluan hahaha. Saat itu dia kalo dibawa ke toilet bawaan nya pipis terus. Wah peningkatan nih gw pikir. Dari situ gw mulai semangat. 

Contohkan langsung
Lalu mulai saat itu, ayahnya mulai kalo pipis diliatin ke hiro. Kalo bagian gw ngeliatin pas lagi pup. 
Jadi beberapa kali gw pup ga tutup pintu. Dia lumayan tertarik dan penasaran dan ingin coba juga. Yasss. Setelah itu, gw mulai ajak dia mandi di kamar mandi, sebelumnya di lebih sering mandi di luar degan bak karet dan mainan.
Selama mandi di kamar mandi, dia suka kalau pipis mempraktekkan ayahnya pipis, tapi kalau lagi di ruangan lain, dia bilang pipis, tapi pas udah keluar, alias ngompol  *plak.
Kalau pup, dia sering bilang mau pup di closet, sedangkan kloset di rumah kami kan jongkok yah, jadi gw ngeri dia kejengkang (what the meaning of  kejengkang;? Haha).
Akhirnya, kita putuskan untuk beli potty training karena kami rasa dengan kelakuan hiro yang seperti itu, dia udah sangat siap. 
Kita memilih produk IKEA, karena selain store nya dekat, model nya simpel, bahan nya pun menurut kami cukup berkualitas. Harganya 149ribu rupiah. 





Bagaimana setelah kami beli? 
Hiro sangat excited dengan si potty training ini, semangat luar biasa sampai-sampai pup nya selalu dia liat dan dia bilang mirip bulan, padahal gw udah gak tahan sama baunya ahaha (demi anak gw tahan2in deh) . 
Dan hari itu juga dia sangat semangat untuk pup di potty training, lalu berlanjut terus tanpa pernah pup di celana lagi, sampai sekarang. Good job, nak.




Ini video hiro yg pup dengan riang, diawali dengan menyanyi, dan ekspresi tiba-tiba berubah ketika pup keluar, hahaha.



Nah soal pipis gimana? Pipis awalnya dia masih belum terbiasa, beberapa kali ngompol, tapi terus kami beri semangat setiap hari. Lalu dia bisa menahan tapi sedikit keluar duluan pipisnya di celana, lama2 dia bisa bener2 nahan sampe keluar pipis di potty. Sekitar seminggu setelah beli, dia gak pernah ngompol lagi dan pipis di potty. 
Lebih sering pipis di potty sih, paling kalau mandi, dia pipis dengan gaya berdiri di depan kloset.

Ada sedikit penyesalan disini, andai beli lebih cepat, di usia 1 tahun misalnya wkwk mungkin dia bisa lebih cepat bisanya, tapi lebih baik telat daripada gak sama sekali, right?
Tapi alhamdulilah ini termasuk cepet sih, karena belum genap 2 tahun, progressnya udah 80%. Hihi.. 
Banyak orang tua yg baru mulai training anaknya di usia 2 tahun bahkan 3 tahun. Gw menghargai itu karena setiap orang tua punya alasan masing2 ya, dan setiap anak juga kesiapan nua beda2. Sebisa mungkin jangan berkomentar yang mengecilkan yes, fokus ke kita sendiri aja. Kecuali kita ditanya, baru deh kita jelasin. 

Nahh toilet training ini belum selesai, masih hutang progress 20% lagi. Di usia 24 bulan 1 minggu, tidur siang udah mulai gak pake diapers karena sebelum tidur gw mulai biasakan dia pipis, tentunya di bawa ke toilet agar hasrat mau pipis itu tiba. 
Untuk tidur malam, menyusul bisa setelah 3 hari. Jadi pas mau tidur malam hiro pakai diapers, tapi tetep minta pipis. Akhirnya gw coba lepas pas tidur malam, gak pake perlak tapi pakai kain di bawahnya (jaga-jaga ngompol). Tapi alhamdulilah sampai pagi hiro gak ngompol, dan pipis setelah bangun tidur di potty atau kadang langsung di kamar mandi.

Nah, jadi tinggal kalau bepergian nih, masih pakai sih di usia 24 bulan 2 minggu, tapi dia malah gak pipis lho, pernah waktubke Mall, dia malah minta ke toilet, alhasil diapers kering sampe pulang. Mau coba pake pispot yang buat travelling tapi masih ragu, doain lancar ya. kalau lancar akan diupdate di postingan ini soon.

Update :
Sekarang hiro kalo bepergian udah gak pake diapers lagi lho. Yeay, ya selang beberapa minggu aja sih dari gw nulis ini. Karena awalnya dipakein diapers tp kalo pipis nyari toilet, jadi gw coba pergi gak pake dong, dan ternyata berhasil dan sekarang udah 100% no diapersq. Dan gak jadi beli pispot juga hehe. Alhamduliah. 

Jadi alhamdulilah bisa dikatakan 100% berhasil di usia 25 bulan atau 2 tahun lebih 1 bulan. 😍

By the way, untuk anak seperti hiro, toilet training jauh lebih mudah dibanding menyapih lho, gw cukup hopeless coba cara ini itu untuk menyapihnya. Doakan ya, kl udah berhasil pasti akan gw ceritain di blog ini. (Update: udah berhasil nyapih di usia 2 tahun 10 bulan, karena banyak kendala seperti sakit dll, cuma belum sempet selesaikan  tulisan  di blog hihi) 

Sekian dulu ya sharing nya, thanks for reading ya 


Warm hug 
-@orangerini-

0 comments:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger